Foto Amatir
Saya menyebut amatir dengan maksud belajar, atau belum menguasai penuh, Oke?

"Bila kita ingin mengabadikan sebuah ketertarikan atau mungkin peristiwa menarik dalam keseharian kita, sementara kita tidak membawa kamera, hanya ada handphone di kantong kita, maka segera ambilah gambar,  lupakan dulu teknik-teknik ribet para fotografer yang mungkin pernah anda baca, yang tidak mungkin sobat terapkan dalam kamera handphone"
Beberapa waktu lalu saya sudah posting sebuah foto, abang becak, dan mungkin lebih amatir lagi saya hanya mengambil keyboard di meja saya sebagai obyek belajar foto. Bukan sebagai sebuah peristiwa besar dalam hidup saya, akan tetapi ketertarikan saya dalam obyek tersebut setelah saya memikirkan obyek tersebut lebih dalam.

Yang Pertama, jangan biarkan kamera handphone kita kotor, saya paling sering membersihkan kamera handphone saya, karena mau tidak mau handphone selalu menemani saya setiap saat, akan sangat mengganggu bila tiba-tiba ada sesuatu ketertarikan akan obyek tertentu tapi kita masih harus membersihkan kamera handphone kita sebelum mengambil gambar, bagaimana kalau obyek tersebut dinamis, dan terlewat oleh kita hanya gara-gara kita sibuk membersihkan kamera handphone, walaupun itu hanya dengan mengusap ke kain baju yang kita kenakan. Mulai sekarang cintailah kamera handphone anda. Percaya deh.

Yang Kedua, percayalah pada kamera handphone yang sobat miliki seolah handphone adalah teman yang berharga bagi anda, caranya? Kenali tipe kamera ( entah VGA atau mungkin sudah MP ). Siapkan semua settingan yang tersedia pada fitur kamera dengan setingan yang paling bagus, entah resolusi, ataupun qualitas gambar, point nya adalah maksimalkan kemampuan handphone anda dan percayai itu adalah yang terbaik, jangan pernah berfikir mengganti handphone dengan harga jutaan rupiah, manfaatkan yang ada!

Yang Ketiga
, kenali kelamahan kamera handphone sobat sekalian dan gunakan itu sebagai keuntungan bagi kita. Ingat,  yang saya sampaikan hanyalah fotografi amatir, jika handphone sobat sekalian tidak bisa menangkap obyek dalam pencahayaan yang kurang maka pastikan mengambil gambar jangan dilakukan pada kondisi itu, kalau pun terpaksa silahkan gunakan flash jika memiliki.

Yang Keempat
, jangan pernah mengambil gambar pada obyek utama kita dengan jarak yang sangat jauh, karena bagaimanapun kamera handphone kita memiliki kemampuan yang terbatas, ini untuk menghindari menggunakan fitur zoom pada kamera handphone kita. Percayalah fitur zoom pada kamera handphone bisa saya katakan hanya sebagai fitur tambahan yang tidak banyak membantu, karena apa? jika sobat praktekan fitur zoom ini, hasil jepretan akan mengalami noise yang sangat mengganggu.

Yang Kelima, pada saat mengambil gambar,pastikan obyek sobat dalam posisi seperti aslinya, maksud saya jangan pernah gunakan fitur-fitur seperti sephia, black white, atau mungkin fitur bingkai. Karena apa? Karena jika memang sobat ingin memberikan efek-efek itu, lebih baik simpan gambar aslinya, kemudia pindah ke kompi ajah :D. Hasilnya akan lebih baik daripada sobat jepret dengan pre seting yang akhirnya nanti mengganggu pengeditan saat sobat ingin mencetaknya mungkin.

Yang Keenam
, kenali crop effect pada handphone sobat sekalian, dulu saya sering bingung, di LCD nampak seperti gambar yang akan saya ambil,tapi setelah saya salin ke komputer ternyata ada obyek yang terpotong, itu kalau ga salah namanya crop effect, nah sobat sekalian harus bisa mengenali effect ini pada kamera handphone masing-masing, he he daripada wajah pacar sobat terpotong..... he he he

Yang Ketuju, nah ini nih yang sering dimuat di artikel-artikel dunia perfotoan, apa itu? Mulailah memotret dengan hati, teknik belakangan.

Yang Terakhir, ayo abadikan pengalaman terbaik kita dan mulai berbagi.

Sekian Tips Amatiran (belajar) dari saya yang memang baru belajar. Semoga bermanfaat ya...
 


Comments

05/26/2010 3:33am

wah,,nice info Gan..
btw,,hp ane kamerax kurg bagus gan,mklum hp murahan,,jd hasilx kurg memuaskan juga...

udah follow + link back Gan...

Reply
05/26/2010 4:28am

wah indo dan tips yang menarik boz...terima kasih

Reply
05/26/2010 8:28am

saya senang dengan kamera hape...!

Reply
05/26/2010 10:51am

yang dengan hati ini yang aku masih bingung sob..
oya link aku sudah pasang di link anak bangsa dengan nama..o0z.weebly.com..
salam sukses selalu sobat

Reply
05/26/2010 5:27pm

Keren tipsnya mas..mau coba ah..thanks ya mas..

Reply
10/13/2010 2:24am

Wherever Everyone has the life,But not everyone understand life, cherish life. Don't understand life people, The life to him, it is a kind of punishment. So we must love our life.

Reply
04/28/2011 11:35pm

If you wish to be the best man, you must suffer the bitterest of the bitter.

Reply



Leave a Reply